Inilah Faktor Penyebab Sakit Gigi, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Faktor Penyebab Sakit Gigi Cara Mengobatinya - Siapapun pasti pernah merasakan sakit gigi dan merasakan nyerinya yang sering tak tertahankan. Sakit gigi sendiri merupakan nyeri yang terasa di dalam dan di sekitar gigi, dimana biasanya terasakan saat saraf gigi mengalami iritasi.

Sakit gigi dapat disebabkan oleh kondisi gigi yang rusak atau buruk, infeksi gigi karena bakteri, rusaknya tambalan gigi, penyusutan gusi, dan keadaan gigi yang terjepit di antara gigi lainnya saat tumbuh.

Sakit Gigi, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Biasanya mereka yang menderita sakit gigi akan mengalami gejala seperti nyeri gigi yang terasa tajam dan terus-menerus. Bagi beberapa orang, nyeri akan sangat terasa apabila berkontak dengan makanan-minuman dingin maupun panas.

Faktor Penyebab Sakit Gigi
Faktor Penyebab Sakit Gigi
Jika nyeri terasa cukup lama setelah kontak dengan panas atau dingin, itu berarti kerusakan yang terjadi cukup serius. Rasa nyeri pun dapat menjalar ke pipi, rahang, dan telinga hingga membuat bengkak. Dan gejala sakit gigi yang paling parah biasanya berupa nyeri kepala, demam, dan keluar darah dari gigi yang terinfeksi.

4 Faktor Penyebab Timbulnya Sakit Gigi

Untuk dapat terhindar dari sakit gigi, anda harus mengetahui penyebabnya. Umumnya sakit gigi terjadi saat pulpa atau bagian dalam gigi mengalami peradangan. Padahal di dalam pulpa tersebut terdapat pembuluh darah dan serabut saraf yang senisitif. Adapun peradangan pulpa dapat terjadi karena:
  1. Kondisi gigi yang rusak dan busuk yang menyebabkan lubang pada bagian gigi yang keras.
  2. Kondisi gigi yang retak akibat benturan.
  3. Erosi gusi yang biasanya terjadi karena menyikat gigi tidak benar, akibatnya gigi mengalami erosi sehingga bagian akar gigi menjadi terlihat.Erosi gigi dapat menyebabkan gigi sensitif terhadap makanan-minuman dingin, panas, dan asam.
  4. Rusaknya bekas tambalan gigi
Selain peradangan pulpa, sakit gigi bisa juga disebabkan oleh hal lain. Beberapa di antaranya yaitu sinusitis dan neuralgia terminal. Letak sinus yang berdekatan dengan gigi bisa menyebabkan gigi bagian atas terasa sakit. Sementara neuralgia terminal ditandai dengan nyeri yang terasa pada wajah.

Cara Mengobati Sakit Gigi tak Tertahankan

Jika sakit gigi terjadi lebih dari dua hari dan semakin lama semakin parah hingga membuat anda sulit untuk membuka mulut bahkan menyebabkan demam, sebaiknya anda segera pergi ke dokter. Namun sebelum memeriksakannya pada dokter, anda masih bisa melakukan beberapa penanganan sendiri, seperti berikut.
  1. Berkumur dengan menggunakan air hangat. Bisa juga dengan menambahkan garam.
  2. Bersihkan gigi Anda dengan memakai benang pembersih gigi (Dental Floss).
  3. Mengunyah 1 siung bawang putih selama 1 menit, lalu keluarkan dari mulut dan berkumur dengan air hangat. Senyawa antiseptic yang terkandung dalam bawang putih dapat mengobati sakit gigi.
  4. Mengunyah belimbing wuluh yang telah dicampurkan dengan sedikit garam. Pasalnya belimbing wuluh mengandung zat antibakteri yang mampu meredakan sakit gigi. Usahakanlah untuk menguyahnya dengan menggunakan gigi yang sakit. Awalnya memang akan terasa sakit, namun selanjutnya rasa sakit itu akan perlahan menghilang.
  5. Menempelkan kantung teh hangat yang tak dicampurkan gula pada bagian gigi yang sakit untuk mengurangi peradangan.
  6. Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk meredakan nyeri, seperti parasetamol ataupun meneteskan minyak cengkeh pada bagian gigi yang terasa sakit. Namun ingatlah jangan sampai anda menggunakan obat pereda yang mengandung bahan kimia dengan membubuhkannya langsung pada bagian gigi yang sakit. Karena cara itu dikhawatirkan dapat merusak gusi.
Sakit gigi yang tak tertahankan tak hanya membuat kondisi kesehatan kita menurun. Tapi juga dapat menganggu aktivitas kita. Karena itu, sebaiknya jagalah terus kesehatan gigi anda.

Demikianlah ulasan tentang sakit gigi gejala ,penyebab dan cara mengobatinya. Semoga dapat membantu anda.

0 Response to "Inilah Faktor Penyebab Sakit Gigi, Gejala, dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel