10 Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Bagi Anak dan Ibu Hamil

Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Bagi Anak dan Ibu Hamil - Mencari obat sakit gigi alami sudah menjadi tradisi sejak dulu hingga sekarang. Mengingat efek samping yang diberikan obat kimia, maka obat alami lebih dipilih agar tidak beresiko. Adapun sakit gigi dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal batas usia, termasuk anak-anak dan ibu hamil, dua kategori usia yang rentan. Kebanyakan anak-anak menderita sakit gigi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis seperti permen, cokelat, dan sirup.

Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Bagi Anak dan Ibu Hamil
Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Bagi Anak dan Ibu Hamil
Timbunan sisa makanan manis yang tinggal pada gigi akan membuat sisa-sisa bakteri makanan berkembiang biak di dalam gigi. Bakteri tersebut kemudian menjalar hingga ke saraf dan menimbulkan peradangan dan rasa sakit.

Sementara pada ibu hamil, biasanya sakit gigi timbul karena pengaruh hormon kehamilan. Cara mengobatinya pun tak boleh sembarangan karena dapat membahayakan janin dalam kandungan.

Karena itulah, sebaiknya anak dan ibu hamil mengkonsumsi obat sakit gigi alami agar aman, tidak menimbulkan efek samping dan tidak menambah rasa sakit. Berikut 10 obat sakit gigi alami yang aman bagi anak dan ibu hamil.


10 Obat Sakit Gigi Alami Yang Aman Bagi Anak dan Ibu Hamil & Menyusui

1. Bawang Putih
Senyawa antiseptic yang terkandung dalam bawang putih membuat bumbu dapur ini ampuh mengobati sakit gigi. Haluskanlah bawang putih dan kunyah selama 5 menit, lalu keluarkan bawang putih tersebut dan berkumurlah dengan air hangat.

2. Sereh
Rebuslah 40 gram sereh segar dan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga menyisakan setengah air rebusan. Kemudian berkumurlah dengan setengah air rebusan ini.

3. Minyak cengkeh
Jika tak ada cengkeh, anda dapat memilih minyak cengkeh. Teteskanlah 2-3 tetes minyak cengkeh pada kapas kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

4. Bayam
Zat besi dan kalsium yang terkandung dalam bayam dapat membantu mengobati sakit gigi. Anda cukup menyantap sajian makanan olahan sayur bayam ataupun mengunyah segenggam bayam.

5. Daun jambu biji
Daun jambu biji mengandung anti bakteri yang efektif meringankan dan mengobati sakit gigi. Kunyahlah daun jambu biji hingga mengeluarkan lendir. Diamkan selama beberapa menit pada bagian gigi yang sakit.

6. Jahe
Inilah rempah khas Indonesia yang identik sebagai penghangat tubuh. Namun ternyata selain menghangatkan tubuh, jahe juga bersifat anti bakteri yang ampuh menyembuhkan pembengkakan pada gigi. Jika anda tak tahan untuk mengunyah jahe, maka itu anda harus mengkonsumsi banyak makanan-minuman mengandung jahe.

7. Cabe Rawit
Senyawa Capsaicin yang terkandung pada cabe rawit ternyata ampuh meredakan rasa sakit gigi. Anda hanya perlu melarutkan cabe rawit ke dalam air panas. Kemudian celupkan kapas, peraslah sedikit, dan tempelkanlah pada bagian gigi yang sakit.

8. Getah Jarak
Ada banyak manfaat getah jarak bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah mengobati sakit gigi. Caranya, anda cukup meneteskan getah jarak pada bagian gigi yang berlubang. Anda bisa meneteskannya secara langsung atapun menggunakan bantuan kapas & cotton bud.

Obat sakit gigi alami mudah didapatkan

9. Es Batu
Pemberian es batu seperti ini sangat cocok untuk anak-anak. Anda cukup menempelkan es batu pada bagian gigi yang berlubang, karena es batu dapat menimbulkan efek mati rasa.

10. Air Hangat
Inilah cara yang paling mudah dan paling sering dilakukan. Anda cukup mencampurkan air hangat dan sedikit garam. Kemudian berkumurlah dengan larutan ini selama 1 menit dan ulangi 3-4 kali sehabis makan. Selain meredakan rasa sakit, cara ini juga dapat membersihkan sisa makanan pada gigi dan gusi.

Demikianlah 10 obat sakit gigi alami yang aman bagi anak dan ibu hamil. Semoga dapat membantu dan anda segera sehat.

0 Response to "10 Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Bagi Anak dan Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel