7 Makanan yang Menjadi Pantangan Penderita Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang terjadi karena adanya penumpukan kristal purin pada persendian. Tentunya hal ini sangat menyakitkan dan mengganggu kita dalam beraktivitas. Penyakit ini dapat membuat kaku, linu, nyeri serta terasa panas di bagian lutut, pergelangan kaki, jari tangan dan kaki, siku, serta pergelangan tangan. Untuk itu ada beberapa pantangan asam urat yang biasanya berupa makanan yang harus dihindari.

Beberapa Pantangan Asam Urat Berupa Makanan

  1. Melinjo atau emping
Melinjo atau olahan makanan dari bahan tersebut yang dapat berupa emping sangat tidak dianjurkan bagi penderita asam urat. Bagi wanita yang telah menopause atau manula jangan biasakan terlalu banyak memakan makanan yang menjadi Pantangan asam urat ini, karena efeknya akan sangat menyakitkan dibalik rasa gurih makanan tersebut. Tapi bagi kebanyakan orang yang telah memahami hal ini, akan berpikir ulang untuk mengonsumsinya dalam kuantitas yang banyak.
  1. Sea food
Makanan jenis sea food juga harus dihindari bagi penderita kambuhan. Kandungan purin yang tinggi jelas mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. Contoh dari makanan jenis ini yang harus diwaspadai adalah kepiting, kerang, udang, dan jenis lain yang menjadi Pantangan asam urat terutama biota laut yang mengandung banyak zat kitin dalam tubuhnya. Untuk menggantinya Anda dapat mengonsumsi ikan air tawar yang tidak kalah lezatnya. Namun, Anda juga tidak boleh terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan ini.
  1. Makanan Kaleng
Mengapa makanan kaleng dapat dikategorikan sebagai Pantangan asam urat? Untuk  jenis buah kaleng apakah juga disarankan untuk dihindari? Sebenarnya yang menjadi permasalahan bukanlah makanan apa yang ada di dalam kaleng pembungkus makanan tersebut, namun lebih pada kemasan kaleng itu sendiri. Kandungan zat kimia yang terdapat pada bahan tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan disamping memicu kenaikan kadar asam urat.
  1. Daging kambing
Daging kambing termasuk dalam jenis Pantangan asam urat, karena daging merah dari jenis ini juga mengandung banyak purin pemicu pengapuran pada manula maupun orang dewasa berusia diatas 40 tahun. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan ini dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung dan juga stroke. Mungkin bagi penderita darah rendah dapat menjadi alternatif penyembuhan, namun bagi penderita darah tinggi disarankan untuk tidak mengonsumsi dalam jumlah yang banyak.
  1. Kacang-kacangan
Kacang mengandung banyak vitamin, mineral, dan juga serat yang baik bagi kesehatan, namun dapat dikategorikan sebagai Pantangan asam urat. Oleh karena itu, jika Anda memiliki asam urat, alangkah baiknya jika Anda mengurangi konsumsi makanan yang berbahan kacang-kacangan. Alangkah baiknya lagi jika Anda menghindari untuk mengonsumsi makanan tersebut. Makanan olahan dari jenis kacang-kacangan yang harus dikurangi konsumsinya diantaranya adalah tempe, tauco, oncom, dan juga susu kedelai. Meski makanan terebut enak dan lezat, tapi kesehatan jauh lebih penting, bukan?

Sebenarnya makanan diatas tidak perlu dihindari, karena sebagian baik juga untuk kesehatan dan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Cukup dengan mengatur pola makan dan mengurangi konsumsi makanan diatas atau membatasi supaya tidak berlebihan memakannya. 

Disamping itu pola hidup yang sehat lebih berpengaruh dibandingkan hanya sekedar menghindari makanan tersebut diatas, olahraga teratur juga sangat diperlukan untuk memperlancar peredaran darah dan menguatkan jantung kita. Semoga pembahasan kita mengenai pantangan asam urat diatas dapat menjadi indikator kita dalam hal kesehatan jasmani.

0 Response to "7 Makanan yang Menjadi Pantangan Penderita Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel