9 Obat Herbal Asam Urat yang Dapat Diracik Sendiri

Bagi Anda yang berusia lanjut, asam urat mungkin menjadi salah satu penyakit langganan yang sering membuat hari-hari Anda menderita. Penyakit ini terjadi akibat menumpuknya zat-zat purin secara berlebih kedalam sendi-sendi kaki Anda. Banyak cara dapat Anda tempuh untuk mengobati penyakit ini baik secara medis atau menggunakan obat herbal asam urat yang dapat Anda racik sendiri di rumah.

Praktis, efektif dan alami

Memilih obat herbal asam urat yang dapat diracik sendiri bisa menjadi alternatif menari. Disamping membuat penyakit asam urat Anda reda juga mempunyai nilai lebih seperti lebih praktis karena mudah didapat di lingkungan sekitar, efektif untuk menyembuhkan serta alami karena berasal dari herbal alam sehingga aman digunakan. Berikut ini akan dikupas mengenai obat-obatan herbal tersebut satu persatu.
  1. Daun Seledri
Daun seledri ternyata tidak hanya menjadi penghias dan pelengkap masakan namun juga dapat digunakan untuk mengatasi asam urat. Kandungan potasium dan fosfor yang terdapat dalam daun seledri mampu menetralisir zat-zat purin penyebab asam urat. Cukup minum air rebusan daun seledri rutin sekali sehari.
  1. Daun Sirsak
Kandungan Vitamin A dan C yang tak kalah tinggi dengan buahnya serta ditambah adanya zat antitoxin membuat daun sirsak dapat menjadi obat herbal asam urat yang cukup ampuh. Minum air rebusan lima daun sirsak setiap sore menjelang kambuhnya asam urat untuk pengobatan.
  1. Daun Salam
Daun salam juga dapat menyembuhkan asam urat karena mengandung flavonoid dan zat tanin yang berfungsi menekan zat-zat purin. Tidak hanya itu, daun salam juga berfungsi mencegah kolesterol tinggi yang sering juga menemani penderita asam urat. Rebus secukupnya dan minum air rebusan rutin setiap hari.
  1. Jahe
Berikutnya ada jahe yang dapat menjadi pilihan obat herbal asam urat karena sifatnya yang mampu mengurangi nyeri akibat asam urat tinggi. Minum air rebusan jahe tiap hari untuk hasil maksimal. Meski begitu jahe tidak membuat asam urat sembuh.
  1. Bunga Rosela
Air rebusan kelopak bunga rosela yang telah dikeringkan dapat menjadi solusi alternatif untuk asam urat Anda. Selain meredakan nyeri akibat asam urat juga terdapat asam amino arginina dan legnin yang berfungsi untuk peremajaan sel sendi yang ruak akibat asam urat.
  1. Sambiroto
Beberapa juga menyebutnya sebagai sambiloto merupakan solusi lain untuk mengobati asam urat secara herbal. Terutama karena mengandung kalsium dan kalium dengan kadar cukup tinggi yang berguna untuk menghancurkan zat-zat purin serta regenerasi sel-sel pada sendi akibat asam urat. Penggunaannya sama yaitu dengan meminum air rebusan rutin setiap hari.
  1. Kumis Kucing
Dikenal sangat manjur untuk mengobati asam urat karena menghilangkan nyeri, terdapat kalsium dan kalium untuk menghancurkan zat penyebab asam urat, dan memiliki sifat diuretik. Penggunaan sama seperti obat herbal lain yaitu meminum air rebusannya.
  1. Buah Cherry
Merupakan salah satu obat herbal asam urat yang mudah digunakan. Mengandung magnesium dan potasium dengan kadar cukup tinggi sehingga mampu meredakan panas dan nyeri akibat asam urat. Penggunaannya sangat simpel yaitu cukup konsumsi sekitar 9 buah setiap harinya secara rutin.

    9. Buah Lemon

Membuat buah ini menjadi jus dan mengonsumsinya akan mampu menghasilkan efek alkaline yang berguna menetralisir kadar asam urat dalam tubuh Anda.


Itulah beberapa obat herbal asam urat yang dapat diracik sendiri. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang menderita karena penyakit asam urat.

0 Response to "9 Obat Herbal Asam Urat yang Dapat Diracik Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel