Cara Menyembuhkan Asam Urat dengan Cara Alami

Cara Menyembuhkan Asam Urat dengan Cara Alami - Apakah Anda pernah mengalami rasa nyeri pada persendian? Bisa jadi, itu adalah salah satu gejala penyakit asam urat. Umumnya asam urat menyerang orang dengan usia di atas 50 tahun, namun saat ini banyak dijumpai pada orang di usia 30-an. Terdapat banyak cara menyembuhkan asam urat. Sebagian orang memutuskan untuk langsung datang ke dokter. Namun, sebagian orang ada yang lebih memilih cara tradisional untuk menyembuhkan asam urat.

Mengetahui Cara Menyembuhkan Asam Urat

Dibandingkan perempuan, laki-laki lebih rentan terkena penyakit asam urat. Untuk perempuan akan lebih rawan terkena asam urat saat mereka telah memasuki masa menopause. Asam urat adalah penyakit yang terjadi karena adanya penumpukan asam dalam darah sehingga sendi mengalami pembengkakan disertai rasa nyeri. Jika Anda memiliki riwayat asam urat di keluarga Anda, anda harus menjaga kesehatan karena asam urat juga bisa diturunkan secara genetik.

Ada baiknya, sebelum mengetahui cara menyembuhkan asam urat, Anda perlu mengetahui gejala-gejala yang dari asam urat. Saat terkena asam urat, Anda akan sering merasa mudah lelah atau pegal. Gejala lainnya, Anda mengalami kesulitan saat akan buang air kecil. Rasa nyeri pada persendian biasanya dirasakan oleh penderita asam urat selama 3 hingga 10 hari.

Terutama di bagian ibu jari kaki. Selain ibu jari, pada bagian persendian seperti lutut, siku, dan pergelangan tangan juga terasa nyeri. Biasanya rasa nyeri akan berangsur hilang setelah 10 hari. Meskipun hilang, namun Anda tidak bisa mengetahui pasti kapan akan terserang lagi oleh sakit asam urat ini. Pastikan anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter saat mengalami beberapa gejala-gejala tersebut.

Saat ini, ada banyak cara untuk menyembuhkan asam urat. Banyak faktor yang menjadi penyebab asam urat. Penyebab utama adalah banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Purin banyak ditemukan pada makanan seperti sea food, daging merah dan buah anggur.

Penyebab lainnya adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Bagi anda yang memiliki riwayat diabetes atau hipertensi juga beresiko terkena penyakit asam urat. Para pecinta alkohol harus berhati-hati karena banyak mengonsumsi alkohol bisa mengakibatkan asam urat. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa cara untuk menyembuhkan asam urat bisa dilakukan secara alami.

Kurangi Berat Badan

Bagi anda yang obesitas atau kelebihan berat badan, yang harus Anda lakukan adalah diet. Rajinlah berolahraga agar berat badan Anda seimbang. Jangan melakukan olahraga berat jika tidak mampu. Anda bisa mencoba olahraga ringan seperti yoga, jogging, atau senam. Melakukan diet disertai olahraga teratur akan membentuk badan dan menghindarkan penyakit.

Minum Jus Cherry

Minum jus cherry adalah salah satu cara menyembuhkan asam urat yang mudah dan lezat.Buah cherry mengandung zat anti-flamasi yang berfungsi untuk mencegah peradangan. Cherry juga mengandung antioksidan yang menghindarkan tubuh Anda dari radikal jahat. Selain itu, minum jus cherry juga meringankan penyakit asam urat karena cherry memiliki kalium yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada sendi.

Minum Banyak Air Putih

Cara menyembuhkan asam urat secara alami adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Air putih dipercaya bisa melarutkan asam yang ada di ginjal Anda. Ini dikarenakan jika Anda banyak minum air putih, maka akan banyak pula cairan yang dikeluarkan. Jika proses yang terjadi pada ginjal lancar, maka kemungkinan zat purin keluar dari tubuh anda semakin besar. Air putih memiliki fungsi menurunkan kadar asam dalam darah para penderita asam urat. Dalam sehari, usahakan minum air kira-kira 2 liter air.

Daun Salam

Siapa yang tak mengenal daun salam? Daun salam biasanya digunakan ibu-ibu sebagai salah satu penyedap masakan. Daun ini seperti daun pada umumnya berwara hijau dan mudah ditemukan di supermarket atau pasar tradisional.

Cara membuat ramuan daun salam sangatlah mudah. Siapkan 10 lembar daun salam dan 2 gelas air putih. Setelah dibersihkan, daun salam direbus hingga mendidih. Rebus hingga menjadi 1 gelas. Setelah itu matikan kompor dan saringlah. Minumlah  ramuan daun salam ini selagi hangat. Ramuan ini tidak memiliki efek samping. Sebaiknya diminum 2 kali sehari.

Daun kumis kucing

Daun kumis kucing bisa Anda temui di toko-toko yang menjual tanaman hias. Ternyata, tanaman ini bisa digunakan sebagai salah satu cara menyembuhkan asam urat. Ciri-ciri daun kumis kucing hampir sama seperti kumis pada kucing yaitu berwarna putih. Tidak sulit membuat ramuan daun kumis kucing. Cuci bersih dan rebuslah hingga mendidih. Setelah didinginkan, anda harus meminumnya secara teratur agar asam urat segera hilang.

Mengonsumsi Banyak Buah Serat dan Sayuran

Anda sebaiknya banyak makan buah terutama yang mengandung vitamin C sepeti pepaya, jeruk, dan strawberry. Buah memiliki kandungan purin yang relatif rendah. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memakannya setiap hari.

Selain buah, sayuran pun sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Ada beberapa sayuran yang bisa menyembuhkan asam urat yaitu sawi putih, labu kuning dan sawi hijau. Mengonsumsi sayuran sangat penting karena baik bagi kesehatan, terutama bagi Anda yang sedang mencari cara menyembuhkan asam urat.

Buah Pare

Cara menyembuhkan asam urat dengan bahan alami bisa menggunakan buah pare. Siapa sangka, buah yang memiliki rasa pahit ini bisa menyembuhkan para penderita asam urat. Pare sangat bermanfaat karena bisa menurunkan zat purin yang terkandung di tubuh penderita. Obat asam urat dari pare ini tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya.

Setelah mencuci bersih buah pare, sebaiknya Anda buang bagian dalam buah pare. Anda bisa langsung merebusnya atau dipotong sesuai keinginan. Rebuslah hingga benar-benar matang atau mendidih. Anda bisa meminum air rebusan pare dan memakan parenya. Untuk maksimalnya, ramuan pare diminum sekali sehari.

Daun Sirsak

Daun sirsak dipercayai bisa sedikit meringankan penyakit asam urat. Kandungan vitamin A dan C ternyata bisa mengeluarkan racun tubuh. Siapkan beberapa lembar daun sirsak. Cuci hingga bersih lalu rebuslah. Baiknya diminum ketika sudah benar-benar dingin. Untuk hasil yang optimal, minumlah air rebusan daun ini setiap hari.

Jus Lemon

Tingginya kandungan asam pada buah lemon ternyata sangat bermanfaat bagi penderita asam urat. Jika dikonsumsi, kandungan asam pada buah itu akan mengurangi asam urat karena ia akan menetralkan kandungan asam pada tubuh penderita. Jus lemon ini bisa Anda buat sendiri atau langsung membelinya di supermarket.

Setelah mengetahui beberapa cara alami menyembuhkan asam urat, anda bisa memilih mana cara alami yang paling mudah dan Anda sukai. Anda bisa memilih bahan-bahan yang sering Anda temui. Selain mengobati asam urat, hindarilah makan-makanan yang mengandung purin seperti daging dan seafood. Pilih olahraga yang anda sukai, lakukan secara teratur dan teratur banyak-banyaklah minum air putih

0 Response to "Cara Menyembuhkan Asam Urat dengan Cara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel