Obat Asam Urat dari Bahan Herbal

Penyakit asam urat adalah penyakit yang berhubungan dengan peradangan, pembengkakan, timbulnya rasa nyeri dan panas pada bagian persendian. Biasanya penyakit ini paling sering menyerang pada bagian lutut, jari tangan, jari kaki, dan juga pergelangan kaki. Tak dapat dipungkiri sebenarnya asam urat dapat menjangkit di semua bagian persendian tubuh lainnya. 

Penyakit ini identik dengan penyakit orang tua, namun dapat juga terjadi pada orang usia muda maupun usia produktif tergantung pola hidup, kebiasaan, kelainan genetik, dan berbagai faktor pemicu lainnya. Lalu, adakah Obat Asam Urat yang ampuh dan aman digunakan?

4 Jenis Obat Asam Urat dari Bahan Alami

Ada 4 bahan herbal untuk mengatasi penyakit asam urat yang bisa Anda gunakan. Selain lebih aman dari kesehatan karena tidak menimbulkan efek samping, obat herbal asam urat ini juga lebih terjangkau.
  1. Meniran
Tanaman meniran sangat bermanfaat bagi kesehatan walaupun tumbuh liar dimana saja, bahkan seringkali kita menganggap tanaman ini sebagai tanaman gulma atau pengganggu. Dibalik stigma negatif tersebut terkandung khasiat luar biasa yang bagi kebanyakan orang tidak tahu bahkan baru mengetahuinya. Tanaman meniran sendiri kaya akan flavonoid yang berguna untuk menangkal radikal bebas, penggumpalan darah,penggumpalan lemak, mencegah penuaan dini, serta banyak manfaat lainnya. Daun dan akar meniran ini dapat dimanfaatkan untuk Obat Asam Urat yang sehat dan mudah didapat.
  1. Kumis kucing
Daun kumis kucing sudah tak asing dan sangat akrab di telinga kita tentang khasiat dan manfaatnya. Selain dapat mengatasi penyakit kencing manis, kumis kucing juga dapat dimanfaatkan sebagai Obat Asam Urat. Daun kumis kucing juga mengandung senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, menangkal radikal bebas, dan menjaga daya tahan tubuh dari berbagai penyakit mematikan. Rebus daun kumis kucing dengan air secukupnya agar kandungan senyawa Orthosiponin Glicosydes yang berfungsi untuk melarutkan asam urat, asam oksalat, dan fosfat pada tubuh tidak terurai dan larut sepenuhnya pada air rebusan.
  1. Daun salam
Daun salam selain dapat digunakan untuk bumbu masakan atau penyedap juga dapat digunakan untuk Obat Asam Urat karena kandungan flavonoid yang tinggi. Tanaman daun salam dapat diklasifikasikan kedalam jenis tanaman rempah, dapat tumbuh dimana saja dengan ketinggian maksimal 30 meter. Daun salam mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini, menangkal dan radikal bebas. Khasiat daun salam sendiri untuk kesehatan adalah mengurangi rasa sakit karena mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat meredakan nyeri, mengobati diabetes, mengobati batuk, meredakan nyeri reumatik, mencegah kerontokan rambut dan timbulnya ketombe, serta mengusir kutu.
  1. Sambiloto
Merupakan tanaman asli india yang memiliki nama latin Andrographis paniculata. Tanaman ini termasuk jenis tanaman tropis yang dapat tumbuh dimana saja. Daun sambiloto mengandung senyawa andrographolide yang berguna untuk melindungi hati dari efek buruk galaktosamin dan parasetamol. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker dan menjaga kekebalan tubuh. Daun sambiloto dapat digunakan untuk Obat Asam Urat karena juga mengandung senyawa flavonoid. Daun sambiloto terkenal dengan sebutan “Rajanya Pahit” karena memang rasanya yang teramat sangat pahit. Meskipun begitu masih banyak khasiat yang terkandung di dalamnya bagi kesehatan.

Masih banyak lagi tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan penyakit asam urat. Menyembuhkan asam urat bisa dengan memanfaatkan tanaman yang ada dan tumbuh di lingkungan sekitar kita tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk berobat. 

Hindari penggunaan obat-obatan kimia yang berlebihan, karena menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan. Selain dapat digunakan untuk Obat Asam Urat, tanaman tersebut diatas juga dapat digunakan untuk pencegahan penyakit berat lainnya.

0 Response to "Obat Asam Urat dari Bahan Herbal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel